Beranda > Beranda Wisata > Museum Gunungapi Merapi: Merapi Jendela Bumi

Museum Gunungapi Merapi: Merapi Jendela Bumi

Setelah sekian lama tidak memuat tulisan bertema jalan-jalan, kali ini saya akan menyajikan sedikit tentang salah satu objek wisata di Yogyakarta, Museum Gunungapi Merapi. Belum banyak orang yang mengetahui apalagi mengunjungi museum yang baru saja diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009 ini. Jika Anda adalah salah satu di antaranya, tak ada salahnya jika menyimak tulisan ini, semoga bermanfaat. 🙂

gedung

Museum Gunungapi Merapi terletak di Boyong, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Meskipun jauh dari pusat kota Yogyakarta, keberadaan museum ini cukup mudah dijangkau. Jika Anda melewati Jalan Kaliurang, beberapa ratus meter sebelum pos retribusi Objek Wisata Kaliurang, Anda dapat melewati sebuah gang kecil ke arah barat. Tak jauh, hanya sekitar tiga ratus meter, Anda pun dapat menjumpai museum ini. Alternatif lain adalah Jalan Boyong Kaliurang. Setelah gapura besar – yang ketika saya lewati dalam keadaan rusak – Anda dapat berbelok ke arah timur. Dan sampailah Anda di museum yang bentuk bangunannya unik ini.

Di dalam museum, Anda dapat memperoleh cukup banyak informasi mengenai gunungapi di bagian Volcano World atau Dunia Gunungapi, seperti manfaat sumber daya gunungapi bagi kehidupan manusia, foto-foto letusan gunungapi di dunia, dan berbagai informasi lainnya. Yang paling menarik di bagian ini menurut saya adalah peta lokasi gunung aktif di Indonesia bahkan di dunia. Anda dapat menekan tombol-tombol di depan peta, kemudian lampu pada peta akan menyala sesuai dengan tombol yang ditekan.

Bagian selanjutnya adalah On the Merapi Volcano Trail atau Seputar Gunungapi Merapi. Di sini, dapat dijumpai berbagai informasi mengenai Gunungapi Merapi, seperti sejarah letusan, peta aliran lahar, bahkan berbagai mitos seputar Gunungapi Merapi.

Ketika saya berkunjung ke sana – sehari sebelum tulisan ini dimuat – museum ini belum sepenuhnya jadi. Lantai 2 pun masih terlihat kosong dan masih tertutup untuk umum. Hal ini sama sekali tidak mengurangi daya tariknya bagi saya yang memang pecinta museum. Semoga juga bagi Anda. Jadi, jika suatu saat nanti Anda berwisata ke Kaliurang, tak ada salahnya menyempatkan diri ke Museum Gunungapi Merapi: Merapi Jendela Bumi.

Iklan
  1. Oktober 26, 2009 pukul 1:18 pm

    semoga kapan” bisa mampir. taunya dari postingan suami di plurk 😛

    btw, tulisannya serius mat Neng, hehe

    • Oktober 26, 2009 pukul 1:23 pm

      mampirnya klo uda jadi wae, bu.
      aq pengen ke sana lagi klo uda jadi.
      kemaren itu masih gratisan, ehehe…ga tau deh bsok bayarnya brapa…
      eh, serius yah. iyo ki, lg pengen pake berbahasa Indo yg baik dan benar :mrgreen:

  2. Sadat Plurk
    Oktober 26, 2009 pukul 2:34 pm

    nais inpo gan

    koyo Monjali :mrgreen:

    • Oktober 26, 2009 pukul 2:43 pm

      podo lancipe 😀

  3. Oktober 26, 2009 pukul 2:35 pm

    nice post ^^ , wajib berkunjung kesana nih berhubung bidangku “nyentuh bumi”.. :mrgreen:
    *kapan dan sama siapa ga tau deh*

    • Oktober 26, 2009 pukul 2:43 pm

      sama masher lah, sama sapa lagi 😛

  4. Oktober 26, 2009 pukul 3:38 pm

    ehem, update nih ye… hmm, kekna menarik, kapan yo iso mrono?? 😕

    • Oktober 26, 2009 pukul 3:56 pm

      sing jelas nek pas ning jogja, nek sampean ning bandung terus ra bakalan :mrgreen:

      • Oktober 27, 2009 pukul 9:48 pm

        yo enteni wae… (kapan meneh yo iso mrono, hehe)

  5. Desember 5, 2009 pukul 2:31 pm

    bentuknya futuristik yaa. jadi pengen ke sana kapan2

  6. Desember 7, 2009 pukul 7:29 am

    @saga: hu uh, arsitekturnya lumayan keren koq, cuman sayang pas waktu itu blom jadi 100%…ga tau deh klo sekarang, kapan2 mo berkunjung lg niy :mrgreen:

  7. Kunto
    Desember 16, 2009 pukul 5:27 pm

    Lagi ngerti kalo sebelum TPR ada gedung segede itu. Semoga kapan2 bisa kesono, nek gak males…hehe

    • Desember 17, 2009 pukul 7:25 am

      emang baru koq itu 😀

  8. Januari 19, 2010 pukul 8:21 am

    kpn2 jd pgn mampir ke sana…..

  9. Februari 8, 2010 pukul 11:07 am

    apik apik apik

    • Februari 8, 2010 pukul 11:10 am

      sekarang mesti tambah apik 🙂

  10. Andik
    Februari 8, 2010 pukul 9:48 pm

    Komen2.. :p

    • Februari 9, 2010 pukul 7:24 am

      bukane wis ana, pak 😛

      • Februari 9, 2010 pukul 12:44 pm

        lha jarene dikon komeng meneh :p

  11. Februari 9, 2010 pukul 1:30 pm

    @andik: ga harus di sini kali -___-‘

  12. Februari 21, 2010 pukul 10:45 pm

    Iku tenanan gedungne koyo ngono mbak
    kok malah koyo markas robot2an nak tipi yo (lmao)

    • Februari 22, 2010 pukul 7:27 am

      Tenan kuwi, aq dewe sing motret. Kabare saiki lantai 2 wis dadi, ana wahana2ne, aq dadi pengen ndana maneh 😀

  13. Maret 11, 2010 pukul 7:24 pm

    gunung merapi di jateng adalah gunung api yang fenomenal di indonesia, sekarang dibangun museumnya ya?? belum pernah ke sana… ^^
    salam kenal

    • Maret 12, 2010 pukul 7:25 am

      iyah, lumayan untuk menambah wawasan 🙂
      salam kenal juga

  14. Maret 12, 2010 pukul 1:26 am

    wah baru tahu kalau di kaliurang ada museum, boleh di coba tuh.. salam kenal dari smadav Indonesia

    • Maret 12, 2010 pukul 7:26 am

      berwisata sekaligus menambah wawasan 🙂
      salam kenal juga…

  15. Maret 22, 2010 pukul 2:56 pm

    2 minggu lalu ksana, tapi lantai 2 masih kosong je..

    anyway tempatnya keren bgt, mereka malah mo bikin gempa tiruan pake shaking box (kayak yg di takeshi castle show itu, haha).. recommended buat anak sekolah ksana,,. 😀

    • Maret 22, 2010 pukul 3:01 pm

      lah, kata temen *dia tau dr koran* uda isi, uda ada wahana2nya…

      klo gempa tiruan di taman pintar juga ada, tp cuman kotak kecil gitu, hihihi :mrgreen:

  16. mbahgondrongx
    Oktober 29, 2010 pukul 11:37 pm

    tesssss…..

  17. wakgondrongxx
    Oktober 29, 2010 pukul 11:39 pm

    nuwun sewu…
    tesssssss…….

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: